Jumat, 27 Januari 2017

Sejarah Aceh

Aceh telah mengukir masa lampaunya dengan begitu megah dan menakjubkan, terutama karena kemampuannya dalam mengembangkan pola dan sistem pendidikan militer, komitmennya dalam menentang imperialisme, sistem pemerintahan yang teratur dan sistematik, mewujudkan pusat-pusat pengkajian ilmu pengetahuan, hingga kemampuannya dalam menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain.
Orang-orang Aceh pertama diperkirakan masuk dari Semenanjung Malaysia, Cham, Cochim China dan Kamboja. Keturunan Eropa yang beragama Islam merupakan keturunan Portugis dapat dijumpai di Aceh Jaya. Suku Alas di Aceh Tenggara. Suku Tamiang di Aceh Tamiang. Suku Gayo di Aceh Tengah, sebagian di Aceh Timur, Bener Meriah dan Gayo Lues. Suku Aneuk Jamee di Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya serta Kluet di Aceh Selatan dan orang Simeulue di Pulau Simeulu.
Pada awal abad ke-17 Aceh adalah Kesultanan yang paling kaya, berkuasa dan merupakan wilayah yang subur di Selat Malaka. Aceh memiliki sejarah dalam hal kemerdekaan politik dan perlawanan terhadap pihak luar, termasuk oleh Belanda dan pemerintah Indonesia.
Berada di Barat Laut Sumatra, menjadikan Aceh mudah berhubungan dengan dunia luar sejak abad ke-6 M. Catatan historis Cina saat itu mengatakan ada sebuah kerajaan di ujung utara Pulau Sumatra bernama Po-Li. Pada awal abad ke-9, beberapa tulisan Arab dan inskripsi yang ditemukan di India menyebutkan tentang Aceh. Tahun 1292, Marco Polo dalam pelayarannya dari Cina ke Persia mengunjungi Sumatra, mengabarkan bahwa di bagian utara Sumatra terdapat enam gerbang perdagangan termasuk Perlak, Samudera dan Lambri. Amat ironis bahwa wilayah-wilayah ini sekarang kurang dikenal di Indonesia.
Islam dikenaldi Aceh antara abad ke-7 dan ke-8 M dan kerajaan Islam pertama yaitu Perlak didirikan tahun 804 M. Lalu diikuti oleh Samudera Pasai tahun 1042, Tamiah tahun 1184, Aceh tahun 1205 dan Darussalam tahun 1511. Tahun 1511 Portugis menangkap para pedagang dan saudagar Malaka, Asia dan Arab agar mereka tidak dapat memasuki Selat Malaka, hal tersebut menjadikan Aceh kaya dan sejahtera. Aceh mendominasi perdagangan dan politik di bagian utara Sumatra dan mulai mencapai puncak kejayaannya antara tahun 1610 dan 1640.
Aceh perlahan mulai runtuh setelah wafatnya Sultan Iskandar Thani tahun 1641. Inggris dan Belanda mulai bersaing untuk menguasai Aceh. Pada tahun 1824 Perjanjian London ditandatangani yang isinya menyatakan bahwa Inggris memberikan kuasa penuh atas pemerintahan Aceh kepada Belanda sebagai tanda terima kasih karena Belanda menyerahkan kedudukannya di India dan menghapus seluruh klaim di Singapura. Usaha Belanda untuk menaklukan Aceh cukup keras dan berat. Perang Aceh yang berselang dari tahun 1873 sampai 1904 adalah upaya penguasaan Belanda terpanjang yang pernah dilakukan dan menelan korban jiwa dari pihak Belanda lebih dari 10.000 orang. Perang yang panjang ini telah meninggalkan luka mental yang mendalam bagi masyarakat Aceh.
Ketika era industrialisasi tiba, Aceh mulai lebih terbuka pada hal-hal baru. Meskipun begitu, wisatawan yang datang harus mengetahui bahwa orang Aceh menjalankan kegiatan keagamaan, perilaku sosial dan moralnya dengan serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar