Sabtu, 26 Desember 2015

DANAU SENTANI

DANAU SENTANI

 viewer: 56032 |  love: 0

TINJAUAN

Danau ini memiliki pemandangan memukau berkilau diselimuti keheningan yang mendamaikan. Dirangkul Pegunungan Cyclops di utaranya dan tetumbuhan subur melatarbelakangi cukup menjadikannya surga indah di Indonesia Timur. Danau Sentani terletak di Kabupaten Jayapura, dikelilingi 21 pulau kecil yang indah dan menyokong  24 desa yang bertengger di sekitarnya dengan orang-orang yang ramah dan kreatif mencipta kerajinan tangan terbaik di Tanah Papua. 

 Danau Sentani adalah danau terbesar di Provinsi Papua, dengan luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 m dpl. Saat dilihat dari udara, Danau Sentani terlihat bak kolam air hijau raksasa yang dikelilingi oleh perbukitan. Jika bentuk danau pada umumnya relatif melingkar, bentuk Danau Sentani sedikit berbeda. Danau ini justru meliuk-liuk bak naga yang berkepala di ujung barat dan berekor di ujung timur. Di sisi utara Danau Sentani terdapat Pegunungan Cyclops dengan mata air yang berlimpah. Mata air inilah yang membentuk Danau Sentani. 

 Danau Sentani terus menjadi perhatian wisatawan mancanegara karena selain daya tarik keindahan alamnya juga memiliki keunikan budaya masyarakat setempat. Menaiki perahu di danau ini akan menjadi  pengalaman yang indah. Anda bisa menyewa perahu bermotor di salah satu desa. Merasakan hembusan angin membelai ketika melaju di danau, mengabadikan rumah-rumah panggung, serta berkenalan dengan penduduk setempat hanya bisa Anda dapatkan dan rasakan di danau ini.

 Hidup sebagai nelayan dan lokasinya yang dekat dengan ibu kota provinsi, adalah alasan mengapa sebagian besar penduduk sekitar danau terbuka pada pengunjung. Rumah panggung dengan kolam dan jaring adalah pemandangan umum di danau. Danau ini merupakan rumah bagi setidaknya 33 jenis ikan, yang hampir separuh dari mereka adalah asli danau ini. ikan gergaji (Pristis Microdon) merupakan ikan asli danau ini, namun kini diperkirakan sudah punah. Ikan ini merupakan salah satu ornamen adat pada kerajinan kayu Sentani.

Danau Sentani dan sekitarnya dahulu merupakan tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Landasan ini dibangun oleh Jepang yang kemudian diambil alih oleh Angkatan Darat AS tahun 1944. Jenderal McArthur dikatakan pernah tinggal di danau ini.

AKTIVITAS

KULINER, BERBELANJA, AKOMODASI, KEGIATAN

Anda dapat menikmati panorama Danau Sentani sambil menyantap hidangan di restoran yang berada di pinggir danau. Ada beberapa restoran yang berada persis di pinggir Danau Sentani di antaranya Rumah Makan Dapur Papua, Restoran Yougwa, dan Restoran Aseifaa.
Restoran Mickey yang berada di sekita Danau Sentani dan Jayapura cukup nyaman untuk Anda singgahi.
Restoran Yougwa kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Pulau Asei terletak di sekitar aula para seniman lokal. Anda dapat makan siang dan membeli berbagai macam barang seni dan kerajinan Papua. Restoran lain juga tersedia di tepi danau yang menyediakan menu udang dan ikan air tawar.Jika pilihan makanan yang tersedia terlalu terbatas untuk Anda, Anda dapat pergi ke Jayapura untuk menemukan restoran dan tempat-tempat makan lainnya seperti di pasar malam.
  
Kuliner
Masukan kegiatan menikmati kuliner saat Anda berwisata ke Sentani. Ada papeda sebagai kuliner khas di Papua dan Maluku ang begitu terkenal berupa olahan sagu yang dihidangkan dengan ikan bakar atau kuah kuning, bisa juga dengan pisang atau ubi.
 Ikan asap juga nikmat berupa olahan ikan gabus yang dibakar, digoreng, atau dibuat sayur lilin.
 Aneka kue sagu juga jafi kuliner khas Sentani berupa kue sagu, bagea, sagu bakar, dan lainnya.
 Apabila Anda mencari tempat makan maka berikut ini referensinya.

Restoran Asey Faa
Jalan Raya Sentani Asey Kecil
Distrik Sentani Timur
0813444878422

Restoran Yougwa
Jalan Raya Sentani Nolokla
Distrik Sentani Timur
0967 571570

Resoran Asey Fiesta
Jalan Raya Sentani Hawai
Distrik Sentani Timur

New Mahahhouse Restaurant
Jalan Raya Sentani Kemiri
Kel. Hinakombe
Distrik Sentani

Rumah Makan Budi Mulya II
Jalan Raya Sntani
Kel. Flafou

Rumah Makan Soto LamonganPakde Kumis
Jalan Raya Sentani
Distrik Sentani

Restoran Kalimantan 99
Jalan Pasar Lama Sentani Kota
Distrik Sentani

Rumah Makan Damai
Jalan Raya Sentani Kemiri
Distrik Sentani

Rumah Makan Sate Jawa Timur
Jalan Raya Kemiri
Distrik Sentani

Texas Chicken (Café)
Sentani (Borobudur Lantai 1)
Distrik Sentani

Dunkin Donuts (Café)
Jalan Raya Kemiri
Distrik Sentani

Citra Aroma (Café)
Sentani (Borobudur Lantai 3)
Distrik Sentani

Rumah Makan Jam Gadang
Jalan Raya Kemiri no. 129 E
Kel. Sentai Kota
Distrik Sentani

Rumah Makan Lily
Jalan Raya Sentani
Distrik Sentani

Rumah Makan Sari
Jalan Raya Sentani
Distrik Sentani

Joley’s Café
Jalan Raya Bandara Sentani
Distrik Sentani

Rumah Makan Cahaya Minang
Jalan Raya Sentani
Distrik Sentani

Rumah Makan Nusantara
Jalan Raya Sentani
Distrik Sentani

Rumah Makan Arlie
Jalan Raya Sentani
Distrik Sentani

Rumah Makan Mikey
Jalan Raya Kemiri No. 49
Distrik Sentani

Rumah Makan Pondok Papeda
Jalan Raya Kemiri
Flafou Sentani
Kel. Sentani Kota
Distrik Sentani
Pasar Hamadi adalah tempat yang menarik untuk membeli suvenir khas Papua khususnya benda-benda seni yang bermotif Danau Sentani. Pasar ini dekat dengan Pantai Hamadi, di mana Anda juga dapat melihat sisa-sisa Perang Dunia II.
Pulau Asei adalah tempat untuk menemukan kain kulit kayu dengan motif  indah yang dibuat oleh seniman lokal. Motifnya sangat unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jika Anda tertarik, Anda bisa menelusuri setiap tempat yang diwakili oleh setiap motif suvenir yang Anda beli. Sebagai contoh, motif buaya menunjukkan sungai-sungai di Papua, dan tempat terdekat untuk menemukan buaya adalah di Danau Sentani dan Jayapura.
Bandara Sentani Jayapura merupakan pusat untuk memulai perjalanan Anda ke pedalaman Papua. Lima menit berkendara dari bandara Anda bisa menemukan hotel Sentani Indah. Namun akan Lebih mudah untuk menemukan akomodasi di Jayapura. Ada sejumlah hotel di sini Salah satu hotel terbaik yang ada di Jayapura adalah Swiss-Belhotel yang memiliki 96 kamar.
Namun demikian, Sentani adalah sebuah kawasan yang tengah menggeliat, disana tersedia puluhan hotel dan beberapa bertaraf bintang tiga atau berupa cottage di pinggir pantai. Jadi, sesuaikan saja kebutuhan Anda saat berwisata dengan memerhatikan jarak tuju.

Hotel Travellers Sentani
Jl. Sentani Kemiri Sentani Kota
Komplek Borobudur
Distrik Sentani

Homestay Tablanusu
Kampung Wisata Tablanusu
Distrik Depapre

Hotel Surya
Jl. Abe, Sentani No. 79 Nolokla
Distrik Sentani Timur

Hotel Flamboyan
Tanjung Elmo Nolokla
Distrik Sentani Timur

Hotel Beringin Indah
Tanjung Elmo Nolokla
Distrik Sentani Timur

Hotel Minang Jaya
Jl. Besteur Pos 7 Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Mansapurani
Jl. Yosabo Kota
Distrik Sentani

Hotel Jaguar
Jl. Sentani Kemiri Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Rasen
Jl. Kelurahan No.2 Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Sentani Indah
Jl. Raya Hawai Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Semeru Anaron
Jl. Yosabo No. 60 Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Ratna Indah
Jl. PLN No. 1 Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Sentani Raya
Jl. Yahim No.15 Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Pelangi
Jl. Airport No. 4 Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Surya Jaya
Jl. Yahim No. 48 Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Metta Star
Jl. Sentani Kemiri Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Renggali
Jl. Sentani Kota
Distrik Sentani

Hotel Sinar
Jl. Kelahiran Menuju Komba
Kel. Dobonsolo
Distrik Sentani

Hotel Kemiri Raya
Jl. Akuatan
Komplek Akuatan Kemiri
Kel. Hinekombe
Distrik Sentani

Hotel Pelangi
Jl. Sosial No. 400
Kel. Hinekombe
Distrik Sentnai

Homestay Yougwa
Jalan Raya Sentani Nolokla
Distrik Sentani Timur

Homestay Amai
Pantai Amai
Tablasupa Distrik Depapre

 Ada tiga titik pandang ideal untuk menikmati keindahan Danau Sentani, yaitu: pertama: dari Sisi barat danau, tepatnya di pertigaan ruas jalan Jayapura-Sentani. Anda berjalanlah sekira 10 kilometer menuju arah Kampung Doyo Lama. Dari lokasi ini, pemandangan Danau Sentani terlihat begitu eksotis, di mana perairan danau dilatarbelakangi oleh bukit-bukit hijau muda. Lekukan permukaan bukit juga menampilkan pemandangan yang unik dan indah.
Kedua, dari Sisi timur danau. Anda berjalanlah menuju Kampung Yoka. Melewati kampung tersebut, anda akan menemukan sebuah bukit yang cukup tinggi dengan pohon jambu mete. Dari titik ini, pemandangan danau dari sisi timur akan terlihat sangat jelas.
Ketiga, dari Situs Tugu MacArthur dimana pemandangan danau dapat dilihat dari atas Bukit Ifar Gunung yang berada di Kompleks Rindam XVII Cenderawasih. Sementara di bawah bukit, anda bisa menyaksikan aktivitas Bandara Sentani.
Di desa Taturi, lukisan batu adalah suatu keajaiban yang layak dikunjungi. Terletak di sebuah bukit kecil di tepi danau, Anda bisa menikmati batu ini sambil berperahu. Desa lain yang menawarkan pemandangan indah adalah Doyo Lama, tempat seni lukisan batu. Danau ini adalah titik awal yang fantastis untuk memahami budaya Papua.Sisa-sisa Perang Dunia II tersebar di sekitar danau ini seperti markas komando penting selama perang. Di salah satu bukit, di Gunung Ifar, sebuah monumen dibangun untuk memperingati komando militer Amerika Jenderal McArthur. Dari monumen ini Anda bisa menikmati pemandangan spektakuler danau.
Desa di sekitar Danau Sentani mempunyai adat yang berbeda, namun berasal dari beberapa budaya yang sama sebagaimana terlihat dari kepercayaan dan ritual mereka. Isolo, misalnya, adalah sebuah upacara yang menyatukan perbedaan budaya dari 24 desa di sekitar danau. Upacara ini  juga dapat dilihat sebagai bagian dari Festival Danau Sentani yang dihelat selama bulan Juni.
Pulau Asei adalah salah satu rumah seniman di sekitar danau. Pulau Asei dikenal dengan kain kulit kayunya yang bermotif indah dan unik. Kain kulit kayu adalah pakaian tradisional perempuan Sentani yang kebanyakan wanitanya beraktivitas dengan menangkap ikan di danau. Motif spiral pada kain melambangkan kehidupan di Danau Sentani, ada buaya, ikan gergaji, serta motif campuran yang juga dimiliki Suku Asmat seperti bipane, sebuah simbol gading babi hutan, dan tokoh-tokoh Asmat.
Festival budaya tahunan Danau Sentani adalah daya tarik utama yang digelar di Kalkote, Sentani. Festival ini digelar Pada ketinggian 75 meter di atas permukaan laut dan dimeriahkan dengan tarian perang diatas kapal, yang merupakan daya tarik spektakuler bagi pengunjung. Beberapa perwakilan desa dari seluruh Papua dan Indonesia berpartisipasi untuk menunjukkan keterampilan budaya mereka. Dua festival sebelumnya telah berhasil dipentaskan. Silakan kunjungi www.sentanilakefestival.com untuk rincian.

FOTO

Tips

Danau Sentani terkenal dengan festivalnya. Setiap tahun, pemerintah Kabupaten Jayapura mengadakan Festival Danau Sentani dengan menampilkan atraksi budaya Papua, seperti tari penyambutan tamu, tari perang, dan tari pergaulan. Satu yang paling menarik adalah tarian di atas perahu kecil yang diiringi tetabuhan tifa. Jadi, waktu ideal menyambangi danau ini adalah saat digelarnya Festival Danau Sentani (FDS).
Saat festival berlangsung, Anda dapat melihat  aneka kerajinan khas Papua, pawai budaya yang menampilkan tarian dan musik tradisional, serta pameran kuliner khas Papua terutama ikan yang dimasak dengan belanga batu dan ubi yang dimasak di dalam tanah.
Apabila Anda ingin menyewa kendaraan maka dari Pelabuhan Jayapura menuju Danau Sentani banyak tersedia dengan tarif Rp300.00,- s.d. Rp500.000,- Angkutan umum juga tersedia dengan mengambil rute dari Pelabuhan Jayapura ke Terminal Abepura, biayanya berkisar Rp20.000,- dan dari terminal lanjutkan ke Dermaga Kalkote dengan tarid Rp10.000,-.
Apabila Anda ingin berkeliling di sekitar bukit savana di Danau Sentani sekaligus melakukan pengamatan burung khas Papua maka bisa menghubungi pihak berikut: Andre Liem (+6281344048112)

BERKELILING

BERKELILING

Anda bisa mencoba berwisata air dengan menyusuri Danau Sentani menggunakan Perahu Johnson. Perahu ini merupakan jenis perahu yang ditempeli oleh motor di bagian belakangnya. Untuk memanfaatkan fasilitas wisata air, datanglah ke Restoran Yougwa yang terletak di Jl. Raya Sentani. Untuk bisa menikmatinya, anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu, karena perahu yang hendak digunakan adalah milik warga sekitar dan sehari-harinya digunakan oleh mereka.

TRANSPORTASI


Danau Sentai dapat dicapai dengan berkendara selama sekitar 30 menit ke arah barat dari kota Jayapura. Bandara Sentani, terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Jayapura. Sebagai ibu kota provinsi yang luas, Jayapura juga terhubung dengan kota-kota besar di Indonesia baik melalui udara dan laut. Anda dianjurkan untuk selalu memeriksa detail penerbangan Anda.
Di luar bandara, minibus menunggu penumpang untuk pergi ke Jayapura. Harga bervariasi jadi pastikan Anda setuju dengan harganya sebelum Anda naik.
Garuda terbang ke Biak, Makassar, Surabaya, dan Jakarta setiap hari, juga terbang pada hari tertentu ke Sorong, Manado, Denpasar-Bali, dan Ambon. Informasi lebih lanjut tersedia di kantor Garuda di Jalan Percetakan No. 2. Telepon +62 967 21220.
Kantor Merpati Airlines terletak di Jalan Ahmad Yani No. 15. Hubungi kantor  perwakilannya di +62 967 21111. Kantor  ini terletak di sebelah Hotel Matoa. Merpati terbang setiap hari ke Wamena pukul 7 pagi, juga terbang ke beberapa kota di Papua dan kota-kota lain di Indonesia pada hari tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar