Kamis, 24 Desember 2015

GUNUNG MERAPI

Tinggal di dekat gunung berapi aktif seperti duduk di atas bom waktu yang kapan saja bisa meledak. Di Jawa terdapat beberapa gunung berapi yang masih akif dan salah satunya adalah Gunung Merapi di dekat Yogyakarta yang juga merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia. Gunung ini adalah salah satu dari 500 gunung berapi di Indonesia, dan setidaknya 129 masih aktif.

Meskipun cukup sering meletus Gunung Merapi sangat berperan penting bagi kehidupan orang Jawa dan Kesultanan. Letusan Merapi yang berupa lava, abu dan mineral vulkanik yang menyebar ke daerah sekitarnya, membuat tanah-tanah di sekitar gunung ini subur dan paling subur di dunia, hal ini menjadikan kawasan disekitar Gunung Merapi dipadati oleh para penduduk. Gunung berapi yang megah ini berbentuk kerucut, dengan ketinggian 2.911 meter di atas permukaan laut, gunung ini juga berperan penting dalam menentukan kehidupan kerajaan dan alam di wilayah Jawa. Pada awal abad ke-11, kerajaan Mataram kuno menghilang secara misterius, dan tiba-tiba bergeser ke Jawa Timur. Para ilmuwan menduga bahwa kekuatan letusan Merapi pada tahun 1006 Masehi merupakan penyebab kehancuran kekaisaran Mataram.

Letusan Gunung Merapi yang dasyat ini juga menutupi Candi Borobudur di dekatnya dengan abu vulkanik yang berbahaya. Baru-baru ini pada abad ke-20, letusan besar pada tahun 1930 menewaskan 1300 jiwa. Saat ini Merapi masih sering meletus, tetapi orang-orang yang tinggal di sekitar kawasan gunung ini telah berteman dekat dengan gunung ini dan menerima gemuruh dan letusan ringan Gunung Merapi sebagai bagian dari fenomena alam biasa.

Masyarakat lokal menghormati kekuatan yang luar biasa dari gunung berapi ini. Setiap tahun, pada hari perayaan penobatan Sultan, persembahan (labuhan) dibawa dari keraton Yogya ke Gunung Merapi dan ke selatan Samudera Hindia, hal ini bertujuan untuk menenangkan roh-roh penjaga gunung dan laut dan untuk membawa kesejahteraan kepada penduduk di wilayah Jawa.

Merapi terus dipantau oleh sejumlah pihak berwenang, yang bertugas untuk memperingatkan penduduk mengenai letusan yang akan datang.

Wisata Lava Merapi

Jejak letusan  Gunung Merapi 2010 dikemas dalam bentuk wisata lava tour oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Anda bisa langsung mendekati bekas-bekas terjangan awan panas dan lava Merapi yang sudah dingin terutama di Dusun Manggung, Umbulharjo. Anda yang selama ini hanya melihat lava ataupun material merapi dari televisi atau membaca surat kabar, kini dapat melihatnya dari dekat.

Wisata lava meliputi kawasan Manggung, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Di daerah-daerah tersebut, lava dingin mencapai ketinggian hingga 20 meter yang tentunya akan sangat menarik rasa penasaran untuk melihat dan menyentuh material gunung Merapi tersebut secara langsung. Wisata lava tour ini akan dilakukan manakala Merapi dalam kondisi normal dan tidak masuk pada zona rawan Merapi. Anda yang datang diperbolehkan melihat kondisi material Merapi yang masih panas maupun perkampungan yang terbakar. Dari kawasan ini, Anda dapat menyaksikan puncak Merapi yang menjulang setinggi 2.968 meter di atas permukaan laut (dpl) dihiasi oleh asap sulfatara yang tak pernah berhenti mengepul dari mulut kawahnya, memperlihatkan bahwa gunung ini tak pernah berhenti beraktivitas. 

Puncak Merpai menjajikan daya pikat untuk menikmati keindahan matahari terbit pada pagi hari dengan pemandangan alami dari jajaran Gunung Ungaran, Telomoyo dan Merbabu. Gunung Merapi dan sekitarnya menawarkan wisata gunung api seperti udara yang sejuk, lintas alam, keindahan kubah lava yang masih aktif.

Gunung Merapi terletak di Provinsi Jawa Tengah terletak lebih kurang 25 km dari Yogyakarta, merupakan gunung termuda dalam rangkaian gunung berapi yang mengarah ke selatan dari Gunung Ungaran. Merapi menjadi salah satu dari 16 gunung api dunia yang termasuk dalam Gunung Api Dekade Ini. Gunung Merapi yang berpredikat sebagai salah satu gunung teraktif di dunia, Merapi menyimpan potensi bencana alam berupa letusan atau erupsi. Gunung Merapi merupakan satu dari 129 gunung api yang ada di Indonesia dan merupakan yang paling aktif. Periode letusan Gunung Merapi tercatat 2-8 tahun, tetapi aktivitas kecil seperti pembentukan kubah lava terjadi hampir sepanjang tahun.

Gunung Merapi terbentuk pertama kali sekitar 60.000-80.000 tahun yang lalu. Namun sejarah aktivitasnya baru mulai diamati dan ditulis sebagai dokumen sejak tahun 1791. Gunung Merapi terbentuk karena aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang bergerak ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya aktivitas vulkanik di sepanjang bagian tengah Pulau Jawa. Para peneliti geologi mengajukan berbagai macam teori mengenai keganasan letusan Merapi. Salah satunya yang terkenal datang dari ahli geologi Belanda, Reinout Willem van Bemmelen, yang mengajukan asumsi bahwa Gunung Merapi pernah meletus hebat pada 1006. Letusan hebat ini, oleh para ahli arkeologi kemudian ditafsirkan sebagai penyebab bagi pusat-pusat kerajaan Mataram Kuna mengalami kemunduran dan kemudian berpindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Merapi pernah meletus beberapa kali, di antaranya tahun 1672, 1786, 1822, 1872, dan 1930. Kemudian pada tahun-tahun selanjutnya, yaitu erupsi 1954, 1961, 1969, dan 1972-1973. Erupsi lainnya terjadi pada 1994 yang menewaskan puluhan orang, sementara erupsi tahun 1998 tidak menimbulkan korban jiwa, karena letusannya mengarah ke atas. Terjadi juga terjangan lahar dan awan panas atau wedhus gembel ketika erupsi tahun 2006.

Bagi masyarakat sekitarnya Gunung Merapi mandatangkan material pasir yang luar biasa banyak dan berkualitas bagus. Selain itu Gunung Merapi merupakan obyek wisata yang sangat menarik dan banyak dikunjungi untuk melihat pemandangan yang menakjubkan dari gardu pandang atau yang ingin menikmati keindahan puncak Merapi dengan melakukan pendakian secara langsung. Gunung Merapi merupakan obyek pendakian yang populer karena gunung ini merupakan gunung yang sangat mempesona. Keadaan ini berubah sangat drastis sejak 26 Oktober 2010 saat Gunung Merapi meletus. Masyarakat dikawasan lereng Gunung Merapi saat ini hidup dalam keterbatasan setelah letusan. Mereka kehilangan tempat tinggal, harta berharga, dan sanak saudara. Sebelumnya sumber penghidupan masyarakat dilereng Merapi adalah pertanian dan perternakan.

Museum Gunung Api Merapi (MGM)
Apabila wisata lava Merapi kurang cocok dengan minat Anda maka mengapa tidak mengunjungi Museum Gunung Merapi. Bangunannya berdiri megah di lereng selatan Gunung Merapi. Tepatnya, loksinya terletak di Desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, atau sekitar 5 km dari kawasan obyek wisata Kaliurang. Museum Gunung Api Merapi ini diperkenalkan dengan sebutan 'Merapi Jendela Bumi’ karena merupakan wahana edukasi konservasi yang berkelanjutan serta pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, gempa bumi, dan bencana alam lainnya.

Bangunan Museum Gunung Api Merapi (MGM) diresmikan 1 Oktober 2009 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro. Dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar dengan bangunan induk museum seluas 4.470 meter persegi ini merupakan aset geo-wisata baru di wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bentuk bangunan Museum Gunung Api Merapi mirip sebuah candi, memiliki undak, kaki, badan, dan kepala. Menurut filosofi Hindu, bagian kepala berbentuk kerucut dianalogikan sebagai gunung api yang merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitarnya. Pada dinding lobby dipenuhi dengan relief yang menggambarkan kehidupan gunung api dan manusia. Pada bagian tengah lobby tersaji sebuah maket gunung api berskala besar lengkap dengan uap. Di dinding kanan lobby terdapat proses pembuatan museum yang dimulai dari penandatanganan, proses pembangunan, dan momentum peresmian museum. Museum Gunungapi Merapi dilengkapi area lobby dan ruangan-ruangan yang mengambil tema Volcano World, On The Merapi Volcano Trail, Manusia dan Gunung api, Bencana Gempabumi dan Tsunami, Bencana Gerakan Tanah, Diorama, Peralatan Survey, Extra-terrestrial Volcano, Film Show, dan fasilitas penunjang lainnya. Selain itu rencanaya, museum ini nantinya juga akan dilengkapi dengan taman, area parkir, dan plaza sebagai sarana dan fasilitas bagi pengunjung museum.

Di museum ini Anda akan mendapatkan berikut ini.


  • Informasi fenomena gunungapi terbentuk sebagai hasil proses-proses geologi, yang tampil dipermukaan bumi diantaranya berupa bentang alam gunungapi, struktur geologi gunungapi, produk hasil letusan gunungapi, dan produk-produk hasil proses lainnya.


  • Informasi ilmiah kegunungapian, kegempaan dan gerakan tanah yang merupakan proses dinamika geologi, dicerminkan diantaranya dalam informasi model pembentukan, mekanisme terbentuknya maupun proses-proses yang menyertainya.


  • Informasi sumberdaya gunungapi, sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat, pengembangan infra-struktur dan lainnya.


  • Informasi aspek sosial budaya diantaranya menyangkut kehidupan, budaya, tradisi, mitos dan lainnya yang berkaitan dengan lingkungan dan keberadaan suatu gunung


  • Informasi mitigasi bencana gunungapi, gempabumi, tsunami, gerakan tanah yang ditampilkan dalam bentuk informasi sistem monitoring, penelitian dan pengamatan, sistem peringatan dini, dan upaya mitigasi bencana diantaranya menyangkut sistem penyelamatan masyarakat terhadap ancaman bahaya letusan gunungapi, kegempaan dan gerakan tanah.

AKTIVITAS

KULINER, AKOMODASI, KEGIATAN

Datangi Taman Kuliner Kabupaten Sleman di Condong Catur, Depok Sleman yang menyediakan berbagai warung makanan dan cendera mata cantik. Taman Kuliner ini memiliki seluas 1,5 hektare, yang didisain dengan konsep penggabungan unsur taman serta sarana hiburan dan olahraga dan terdapat berbagi fasilitas resto dengan berbagai menu makanan. Di sini jga ada bermacam kegiatan seperti live music setiap akhir pekan maupun berbagai kegiatan pameran dan pertunjukan seni. Taman Kuliner Condong Catur, Sleman, yang berlokasi di tepian sungai Gajah Wong Jalan Angga Jaya, Condong Catur, Depok, Sleman, telah diisi oleh banyak pedagang mulai dari pedagang makanan dan hidangan khas, kerajinan dan cendera mata, makanan kemasan, buah dan sampai toko kelontong. Salak pondoh adalah salah satu ikon Kabupaten Sleman, buahnya kecil dan kenyal tidak menempel dengan biji tentunya berasa manis. Salak pondoh juga merupakan buah khas lereng Merapi. Untuk mendapatkannya Anda dapat mengunjungi agrowisata di Kecamatan Turi yang menyediakan juga beragam makanan khas Sleman lainnya seperti keripik salak pondoh. Makanan sejenis dapat pula Anda dapatkan di Kota Yogjakarta, supermarket, pasar tradisional, maupun sentra belanja di Yogjakarta dan sekitarnya.
Beberapa tempat lain yang sanggup memanjakan lidah Anda adalah berikut ini.•    Jejamuran Resto, Terletak di Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, (0274) 868170. Jejamuran resto adalah sebuah rumah makan dengan keunggulan penggunaan bahan baku utama jamur yang dipadukan dengan menu tradisional. Bahan baku jamur mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang baik bagi kesehatan, jamur juga telah terbukti menaikkan system kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemak dalam tubuh, menghambat partumbuhan tumor, antiinflmasi dan antimikroba.•    Gubug Makan Mang Engking,Sendangrejo, Minggir, Sleman, (0274) 7489732. Warung makan Gubug Mang Engking adalah rumah makan yang sangat terkenal sebagai spesialis masakan udang galah di Yogyakarta. Sebagai menu andalan, sekilo udang bakar madu disajikan dalam 8 tusuk sate udang yang masing-masing terdiri dari 5 ekor udang. Sedangkan menu udang yang lain adalah udang goreng, asam manis, saos tiram dan udang rebus, yang dibagi dalam ukuran udang super (1 kg terdiri dari 12 ekor) dan udang udang standart (1 kg terdiri dari 30 ekor].•    Sate Goreng Ringin Kronggahan, Warung Sate Kambing  Pak Tris Terletak di Kronggahan, Mlati, Sleman, (0274) 6415148. Warung sate kambing Pak Tris Kronggahan dirintis oleh Pak Sutrisno Hadipandoyo sejak tahun 1978, kemudian sejak tahun 1980 mulai berjualan sate goreng, sebelumnya masih berjualan sate bakar seperti warung sate yang lainnya.
Apabila berniat menginap di kawasan lereng Merapi dari wilayah Sleman maka Anda dapat memesan penginapan salah satu tempat berikut.•    Sheraton Mustika RatuJl. Laksda Adisucipto Km, 8,7Telp: (0274)485085, Fax : (0274)489009•    Rumah Sleman HotelJl. Purboyo No. 111 Warak Kidul, Mlati, Sleman YogyakartaE-mail : rumahsleman@indo.com•    Hyatt Regency YogyakartaJl. Palagan Tentara PElajarTelp: (0274)869123, Fax : (0274)869588•    JayakartaJl. Laksda Adisucipto Km, 8 PO BOX 90 YogyakartaTelp: (0274)448418, Fax : (0274)485415•    Quality HotelJl. Laksda Adisucipto 48 YogyakartaTelp: (0274)565005, Fax : (0274)565009•    Sahid Raya YogyakartaJl. Babarsari YogyakartaTelp: (0274)488888, Fax : (0274)588888•    Prambanan VillageTamanmartani Kalasan SlemanTelp: (0274)496354•    River CastleJl. Laksda Adisucipto Km, 8Telp: (0274)489626•    Jogjakarta PlazaJl. Gejayan YogyakartaTelp: (0274)586720, Fax : (0274)584200•    Puri ArthaJl. Cendrawasih No 36 YogyakartaTelp: (0274)563288, Fax : (0274)562765•    Sejahtera FamilyJl. Pringgodani 22 Demangan Baru YogyakartaTelp: (0274)519339, Fax : (0274)519338•    Cakra KembangJl. Kaliurang Km 5Telp: (0274)563088•    Istira KencanaJl. Kaliurang Caturtunggal Depok SlemanTelp: (0274)520240, Fax : (0274)520240•    Hotel SeturanJl. Kaliurang Caturtunggal Depok SlemanTelp: (0274)520240
Bagi Anda penggila tantangan, mendaki ke puncak Gunung Merapi adalah petualangan yang menantang adrenalin Anda. Mendaki ke puncak Gunung Merapi memang sulit tapi ketika Anda tiba di puncak gunung, kelelahan Anda akan terbayar dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan dari atas salah satu gunung berapi di dunia yang paling aktif di dunia.
Terdapat pos yang dibangun di atas gunung dimana Anda dapat mengabadikan pemandangan wilayah Jawa yang rimbun dan lereng gunung di sekitarnya. Jika Anda bisa bangun pada dini hari dan berangkat di pagi hari Anda dapat melihat matahari terbit dari Gunung Merapi. Panorama matahari terbit 360 derajat dari bibir kawah sangat indah dan menakjubkan.
Mendaki gunung ini sangat tergantung pada tingkat kebugaran Anda, biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk naik dan 3 jam untuk kembali.Ekspedisi Indonesia dapat mengatur pendakian Anda ke puncak Gunung Merapi dengan pemandu yang berpengalaman tentunya.

TRANSPORTASI

Ada dua cara untuk mencapai Gunung Merapi, dari Kaliurang atau Selo.
Dari Yogyakarta, Anda bisa pergi ke arah Utara ke resor bukit Kaliurang dengan angkutan umum atau mobil. Kaliurang berjarak 900 m di lereng Gunung Merapi.
Selo dapat dicapai dari Muntilan atau Boyolali walaupun jalannya berkelok-kelok namun Anda bisa menikmati pemandangan yang spektakuler.
Kabupaten Sleman, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibukotanya adalah Sleman. Kabupaten ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di utara dan timur, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta di selatan, serta Kabupaten Kulon Progo di barat. Bagian utara kabupaten ini merupakan pegunungan, dengan puncaknya Gunung Merapi di perbatasan dengan Jawa Tengah, salah satu gunung berapi aktif yang paling berbahaya di Pulau Jawa. Sedangkan di bagian selatan merupakan dataran rendah yang subur. Di antara sungai-sungai besar yang melintasi kabupaten ini adalah Kali Progo (membatasi kabupaten Sleman dengan Kabupaten Kulon Progo), Kali Code, dan Kali Tapus.

Anda yang hendak mengunjungi Sleman maupun obyek-obyek wisata lainnya di lereng Gunung Merapi disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan. Dengan cara ini, Anda dapat mengunjungi tidak hanya Lava Tour melainkan juga obyek-obyek wisata lainnya dengan lebih mudah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar