Jumat, 25 Desember 2015

PULAU BANDA

TINJAUAN

Sejak abad pertama Masehi, kepulauan Banda telah menjadi produsen tunggal rempah-rempah seperti pala dan fuli. Pulau Banda dikunjungi oleh banyak kapal dari Cina, India, dan Arab. Rempah-rempah ini sangat berharga dan dijual dengan keuntungan yang sangat besar di pasar dunia saat itu.


Masyarakat Banda sangat bertumpu pada sumber daya alam rempah rempah hingga berubah setelah Belanda memonopoli perdagangan rempah-rempah dunia.

Meskipun memiliki reputasi besar, Pulau Banda hanya sekumpulan pulau kecil yang terdiri dari tiga pulau besar dan tujuh pulau yang  lebih kecil. Kepulauan ini bertengger di tepi jurang bawah laut terdalam Indonesia yaitu Laut Banda. Perairan di sini dapat mencapai kedalaman lebih dari 6.500 meter.

Dua pulau terbesar yaitu Banda Besar dan Naira, ditumbuhi banyak pohon pala. Pulau ketiga, yaitu Gunung Api atau 'puncak api' merupakan gunung berapi aktif. Di perairan sekitar pulau-pulau ini Anda akan menemukan beberapa taman bawah laut paling spektakuler. Anda dapat menikmati keindahan karang dan ikan berwarna-warni, berenang di air sebening kristal, menyelam, snorkeling, atau bahkan sekadar tamasya saja sudah cukup memuaskan hasrat berwisata bahari Anda.

Terletak 132 km tenggara Ambon, kepulauan ini merupakan daerah terpencil namun sangat indah. Dengan terumbu karang berwarna warni, perairan laut hangat, dan kehidupan laut yang eksotis. Banda adalah surga bagi para penyelam dari seluruh dunia untuk menjelajahi sebuah tempat menyelam yang paling terpencil dan sangat alami di dunia.

Saat ini, Banda telah menyihir para penyelam, pelaut, dan kapal pesiar dari seluruh dunia dengan keindahan alamnya. Baik di atas maupun di bawah laut, keindahan Banda dapat disejajarkan dengan keindahan Raja Ampat di Papua, sebuah surga wisata bahari lain di Indonesia Timur.

Kepulauan Banda merupakan salah satu tujuan wisata Indonesia yang paling populer bagi para penyelam. Baik penyelam ahli maupun pemula. Semua dapat menyelam dari laguna dangkal di antara Bandaneira dan Gunung Api hingga ke dinding vertikal di Pulau Hatta. 

Kemanapun Anda pergi berkeliling di sini, maka akan menemukan pemandangan tropis yang menakjubkan, sejarah yang luar biasa, penduduk yang ramah, dan beragam terumbu karang yang masih alami.

Scuba diving masih relatif baru di sini, tapi penyelam yang sudah ahli tidak harus bekerja keras untuk menemukan keindahannya. Bawah laut sekitar Ambon dan pulau terdekat Saparua memiliki beberapa tempat menyelam dengan reputasi mendunia. Ketika Anda menjelajahi permukaan bawah laut maka Anda akan melihat segalanya mulai dari hiu, kura-kura besar, ikannapoleon wrasse, ikan kerapu raksasa, tuna, sinar mobula, cepluk redtooth, berbagai spesies ikan paus, lumba-lumba pemintal, dan kerabat dekat lobster besar, hingga ikan karang yang  jinak atau ikan endemik lepu ambon.

Datanglah ke Pulau Banda dan kunjungi oleh Anda rahasia yang tersimpan di Indonesia Timur ini. Meski penerbangan kesini tidaklah sering namun penantian Anda akan terbayar dengan keindahan surga tropis yang ideal ini.


AKTIVITAS

KULINER, BERBELANJA, AKOMODASI, KEGIATAN

Makanan laut segar yang didatangkan langsung dari laut adalah menu terbaik di Banda. Pegawai penginapan akan menyajikan makanan seafood bagi Anda. Cicipilah ikan panggang khas Banda. Selain itu ada juga beberapa restoran kecil yang menyajikan beragam makanan Indonesia.
Selama Anda berada di pulau rempah-rempah ini, jangan lewatkan untuk mencoba selai buah pala. Pala juga tersedia dalam bentuk makanan yang diawetkan berupa manisan pala dan irisan buah yang dikeringkan.Hidangan lokal lainnya termasuk terung isi dengan pasta almond dan ikan saus buah pala.Jika Anda bepergian bulan Desember cobalah buah angur yang terlihat seperti buah zaitun tetapi rasanya manis.Banyak penginapan menyediakan menu makanan lengkap atau makan malam yang diatur.
Anda dapat berbelanja cenderamata lokal di sini, makanan tradisional, atau makanan ringan.
Hampir sebagian besar makanan di Banda merupakan makanan tradisional.Di sini tersedia cenderamata lokal yang terbuat dari sisa makanan laut. Cenderamata tersebut bisa sangat menarik meski berukuran besar. Mutiara dari Banda adalah souvenir yang indah untuk Anda bawa pulang.
Tinggal di kapal laut adalah cara yang ideal untuk menjelajahi Banda. Anda juga dapat memilih tinggal di kapal pesiar selama 7-14 hari. Tinggal di kapal lebih murah dan tidak memakan waktu, terutama jika Anda ingin menjelajahi tempat menyelam sebanyak mungkin. Periksa ke agen perjalanan untuk mendapatkan paket terbaik.Tidak terlalu banyak hotel di sekitar Kepulauan Banda. Hotel terbesar terletak tepat di bibir pantai yang berpasir putih. Anda dapat tinggal di hotel kecil atau penginapan dengan harga terjangkau sekaligus pelayanan terbaik. Ini juga merupakan alasan yang tepat untuk Anda tinggal lebih lama di Banda.Hotel Maulana merupakan hotel termewah di Kepulauan Banda. Putri Diana, Mick Jagger, dan Jacques Cousteau pernah mengginap di hotel ini kamar nomor 40. Tersedia juga kamar mandi en-suite  yang menghadap pabrik mutiara. Silahkan hubungi +62 911 210 24.
Mutiara Guesthouse memiliki kamar ber-AC dengan halaman yang luas untuk Anda bersantai. Harganya mulai  sekitar Rp 70.000 hingga Rp 125.000. Silahkan hubungi +62 813 303 4337 7.
Vita Guesthouse merupakan tempat tepat bila Anda mengharapkan informasi rinci tentang tujuan wisata khusus di Banda. Wisma ini memiliki dermaga pribadi yang menghadap Gunung Api. Anda dapat menyewa perahu dan alat menyelam. Silahkan hubungi +62 819 450 9011 0.
Menyelam adalah daya tarik utama di sini. Dikelilingi oleh air sebening kristal dan kehidupan laut yang eksotis, Kepulauan Banda merupakan tempat yang ideal untuk berwisata bahari. Gerombolan ikan berwarna-warni dan makhluk laut lainnya hidup di perairan ini yang bahkan penyelam paling berpengalaman akan terkagum-kagum. Kepulauan ini memiliki lebih dari 25 situs menyelam, karena itulah Anda tidak akan merasa bosan. Beberapa tempat yang paling populer adalah Pulau Ai sebuah tempat yang sangat indah namun Anda patut berhati-hati dengan permukaan lautnya yang kasar, ada juga Batu Kapal, Hatta Reef (Karang Hatta), Pulau Keraka, dan Nusa Laut.Berlayar adalah kegiatan tepat bagi Anda yang ingin menaklukkan batas laut. Sail Banda merupakan salah satu kegiatan paling menarik karena ratusan wisatawan  datang ke perairan ini. Sail Banda [sailbanda.com] adalah acara yang pasti tidak ingin Anda lewatkan. Acara ini menarik minat para pelaut paling berani dari seluruh dunia yang akan datang ke Banda untuk menaklukkan kondisi lingkungan yang menantang dan berangin.Bandaneira adalah kota sepi yang menawan dengan pohon berbaris di tepi jalan. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan melihat sisa-sisa reruntuhan dari masa kolonial. Benteng yang direnovasi yaitu Belgica Fort adalah sebuah benteng dari abad ke 17. Anda bisa masuk ke dalam dan merasakan kembali ke periode ketika perdagangan rempah-rempah mendominasi pulau ini. Jika Anda bersabar untuk menunggupencahayaan terbaik maka Anda akan dapat menangkap objek fotografi yang memuaskan.
Dapatkan juga pemandangan menakjubkan saat matahari terbit di Pulau Gunung dengan sebelumnya mendaki puncak Gunung Api. Pendakian selama 90 menit ini merupakan kegiatan yang menantang dan tersedia pemandu untuk Anda.
Bersantai sambil berenang di pantai selatan Banda Besar atau di pulau Nailaka yang kecil.
Salurkan naluri petualang Anda dengan hikingdengan mengunjungi berbagai tempat seperti desa tradisional dan hutan pala berumur empat abad. Ada banyak tempat lain untuk Andalihat  dan jelajahi di pulau yang seolah terahasiakan ini.
Berikut ini tempat-tempat menyelam terbesar di kepulauan Banda.
Sonegat : merupakan tempat terdekat untuk menyelam, hanya lima menit dengan perahu dari hotel sekitar. Letaknya di lengahLaut Sonegat antara Banda Neira dan Gunung Api. Cobalah Anda turun menyelam di antara dinding curam dan memanjang 25 meter di gunung yang berbatu. Ada banyak ikan tuna berukuran besar di sini, juga beberapa ikan Girdled biru dan ikan angel fish. Pulau Keraka : Pulau Keraka atau Pulau Kepiting hanya berjarak beberapa menit dari  pintu masuk utara Neira-Gunung Api. Hamparan pasir di pesisir utara pantai sangat cocok untuk piknik. Di pantai selatan, 18 meter ke bawah, Anda akan menemukan dinding kecil ditutupi ratusan tunicates besar yang berwarna biru dan kuning. Di timur pantai, ada bermacam-macam ikan karang dan barracuda sepanjang setengah meter. Pulau Sjahrir Batu Kapal : dulunya dikenal sebagai pulau Pisang dan Batu Kapal, berjarak 20 menit dengan perahu dari Bandaneira. Kedua tempat ini merupakan kombinasi yang baik untuk menyelam di pagi hari, piknik di pantai, atau menyelam sore hari. Pulau Lontar : berada di tepi luar Pulau Lontar merupakan bagian dari tepi kaldera cekung yang menawarkan Anda beberapa situs menyelam yang menakjubkan. Batu Belanda : Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak barel, tabung busa, gua-gua kecil, dan celah batu. Ikan di sini bervariasi, termasuk snappers, ikan kaisar besar dan ikan Girdled angel fish biru, keling, ikan bersirip besar, dan ikan banner fish. Pulau Ai : Bersama dengan Pulau Hatta, pulau ini menawarkan tempat terbaik di Banda untuk menyelam. Pantai utara dan barat daya Ai dikelilingi tembok karang yang sempurna, penuh dengan gua-gua dan, merupakan habitat dariikan harbors fish Pulau Hatta : berjarak sekitar 25 km dari laut dari Banda Neira. Atol Skaru, merupakan sebuah karang yang hampir tenggelam beberapa ratus meter dari titik selatan pulau Hatta. Di antara koral-koral Anda dapat menyaksikan berlalunya gerombolan ikan Unicornfish, Fusiliers, ikan jack dan rainbow runners, whitetip sharks yang berukuran hampir 2 meter, napoleon wrasse, dogtoothedtuna, dan kura-kura sisik.

FOTO

Tips

  • Diving dimungkinkan sepanjang tahun, tetapi selama musim hujan (Juli-September), Anda dibatasi untuk memilih tempat menyelam. Informasi  lebih lanjut tersedia di situs web resmi pemerintah daerah Maluku (www.malukuprov.go.id). Telepon 62 911 352 62 180 atau 611 911341.
  • Kantor Informasi Wisatawan,  Jl. Raya Pattimura 1, Ambon, Telepon 62 911 5247 1 atau 62 911 9712 6
  • Tidak ada ATM di sekitar Kepulauan Banda termasuk di Bandaneira jadi siapkan uang tunai sebelum mengunjungi pulau ini. Sangat disarankan untuk menyimpan uang Anda di tempat yang aman, terutama saat berada di sekitar pelabuhan.
  • Telekomunikasi terbatas untuk provider Telkomsel dan XL. Anda dapat mengisi pulsa di Bandaneira.
  • Penyelam pemula dianjurkan lebih berhati-hati untuk keselamatan karena arus laut bisa kuat di beberapa tempat.
  • Diving biasanya nyaman dengan jarak pandang sekitar 15-30 meter dalam kondisi air yang tenang, namun beberapa tempat menyelam hanya cocok untuk penyelam yang berpengalaman. Jadi penting untuk memintasaran pembimbingan menyelam Anda.
  • Kedalaman satu tempat menyelam berkisar antara 5 meter hingga lebih dari 40 meter dengan suhu 26-29 derajat Celcius jadi pastikan Anda memiliki kondisi tubh yang fit.
  • Cobalah untuk menyewa peralatan menyelam dansnorkeling dari perusahaan ternama untuk jaminan keamanan. Tanggung jawab untuk memeriksa peralatan tetap ada pada Anda.
  • Bawalah baju renang dan pakaian lebih banyak.

BERKELILING

BERKELILING

Di Bandaneira, kebanyakan orang berkeliling untuk berwisata dengan berjalan kaki. Atau dengan ojek dan becak untuk perjalanan yang sedikit lebih jauh.
Untuk menyebrang dari satu pulau ke pulau lain Anda perlu menyewa perahu. Harganya dapat bervariasi tergantung jarak tetapi biasanya berkisar antara Rp120.000,00 hingga Rp500.000,00.

TRANSPORTASI

Cara termudah untuk pergi ke Banda adalah mengawalinya ke Ambon. Ambon adalah ibukota Pulau Ambon, terletak 132 km sebelah utara Banda. Untuk mencapai Ambon Anda bisa terbang secara langsung dari Denpasar-Bali yang transit di Ujung Pandang. 

Garuda Indonesia terbang dari Jakarta (CGK) yang transit di Bandara Hasanuddin-Makassar, atau Denpasar-Bali (DPS) yang transit di Ujung Pandang (UPG) lalu ke Bandara Pattimura di Ambon (AMQ). 

Penerbangan lainnya adalah dari Langur-Maluku Tengah (LUV), Juanda-Surabaya (SUB), dan Jeffman-Sorong,  Papua (SOQ).

Lion Air, Batavia Air, dan Mandala Airlines melayani jalur Ambon-Jakarta dengan transit di Makassar atau Surabaya.

Dari Ambon, Anda bisa menuju Kepulauan Banda dengan pesawat kecil carteran atau menggunakan Merpati Airlines yang terbang ke Banda Neira. Tidak tersedia penerbangan pulang-pergi. Penerbangan kembali harus melalui Banda Neira. Penerbangan beroperasi seminggu sekali atau setiap dua minggu. Oleh karena itu, tempat ini merupakan objek wisata indah yang sunyi namun sangat ideal.

Alternatif lain Anda dapat menyeberangi Laut Banda dengan feri. Pelni menyediakan kapal feri dua kali seminggu dengan kapal KM Ciremai dari Ambon ke Bandaneira. Pastikan Anda dua kali memeriksa jadwal untuk perubahan yang tak terduga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar